Aspek Fisik Dasar Kota Palembang

Keadaan iklim di Kota Palembang memiliki suhu cukup panas ( antara 22 ° - 32 ° C ), pengaruh lokasi Kota Palembang yang berdekatan dengan garis khatulistiwa, serta banyaknya aliran sungai membuat keadaan alam di kota ini menjadi tropis dengan angin lembab. Curah hujan terbanyak pada bulan maret, yaitu   ± 428 mm dan yang paling sedikit di bulan Juli, yaitu 22 mm. Pada bulan Juni, Juli Agustus dan September suhu tinggi, pada bulan lainnya suhu menurun. Pada bulan Agustus sampai April angin dari barat daya, barat laut. Aliran sungainya mengalir dengan deras ke pedalaman, selama sembilan bulan dalam setahun dan pada waktu itu sangat baik untuk dilayari.

Kondisi geografi di Kota Palembang terbagi menjadi dua di Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Bagian wilayah Seberang Ulu pada umunmya mempunyai topografi yang relatif datar, dan sebagian besar dengan tanah asli berada di bawah permukaan air pasang maksimum Sungai Musi (+ 3,75 m di atas permukaan laut), sementara di bagian wilayah Seberang Ilir ditemui adanya variasi topografi (ketinggian) dari 4 m sampai 20 m di atas permukaan laut dan ditemui adanya penggunaan-penggunaan mikro dan lembah-lembah yang "kontinyu" dan tidak terdapat topografi yang terjal.  Jenis tanah yang ada di wilayah Kota Palembang terdiri dari alluvial, liat dan berpasir. Secara umum untuk wilayah Kotamadya Palembang batuan dasar pembentuk lapisan tanah adalah berupa lempung, pasir lempung, napai dan napal pasiran.  Batuan ini bersifat plastis teguh dan kedap air.
Dari segi kondisi hidrologi, Kota Palembang terbelah oleh Sungai Musi yang membentang sepanjang 750 km dengan kedalaman mencapai 25 meter yang dapat dilalui kapal-kapal besar. Sungai besar lainnya yang melintasi kota Palembang adalah Sungai Ogan, sungai Komering, sungai Keramasan dan sungai-sungai kecil yang mengalirkan air hujan di wilayah kota Palembang yaitu sungai Sekanak, sungai Bendung, sungai Lawang Kidul, sungai Sriguna, sungai Aur dan lain-lain. Secara makro sungai-sungai tersebut bermuara di sungai Musi.

Komentar

Postingan Populer